Manfaat Cokelat hitam luar biasa



Manfaat Cokelat hitam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan juga obesitas. Hal ini ditemukan dari sebuah hasil penelitian baru yang telah diterbitkan dalam American Chemical Society’s Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dalam cokelat hitam, para ilmuwan menemukan bahwa adanya antioksidan tertentu yang mempunyai peran dalam menurunkan kadar gula darah tikus dan mencegahnya dari kenaikan berat badan berlebih.

Proses penelitian

Beberapa tikus diberikan makanan yang tinggi lemak dan juga coklat hitam. Yang berperan dalam coklat hitam adalah kakao yang mengandung senyawa flavanol dengan jenis “oligomeric procyanidins”. Senyawa ini adapat mencegah tikus dari bertambahnya berat badan berlebih sekalipun mereka diberi makanan tinggi lemak. Selain itu, flavanol tersebut juga dapat mencegah diabetes tipe 2 karena kemampuannya meningkatkan toleransi glukosa pada tikus.

Manfaat lain dari Coklat Hitam.

Coklat hitam atau dark chocolate juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan dan mengembalikan fleksibilitas terhadap arteri. Coklat hitam juga dapat membantu mencegah sel-sel darah menempel dan berakumulasi di dinding pembuluh darah. Studi ini menunjukkan bahwa mencegah adhesi (pelekatan) sel-sel pada dinding pembuluh darah dan membalikkan kekakuan arteri bisa mengurangi aterosklerosis. Lagi-lagi, faktor utama yang dikaitkan dengan efek menakjubkan itu adalah kandungan flavanol dari coklat hitam itu sendiri.

Manfaat besar lainnya dari coklat hitam apabila dimakan secara teratur adalah membantu mencegah stroke. Sebuah penelitian dari Kanada menunjukkan bahwa orang yang makan coklat secara teratur mengalami penurunan risiko stroke.

Manfaat Cokelat hitam juga dapat membantu mencegah kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research menunjukkan bahwa kakao mengandung efek anti-kanker yang banyak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi harian kakao dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menjadi pemicu terjadinya kanker usus besar. Tim peneliti menemukan bahwa mengonsumsi coklat hitam tiap hari dapat membantu mencegah perkembangan kanker usus besar.

Quote:Tips: Bila Anda ingin mengonsumsi coklat hitam, pastikan memilih coklat yang kandungan kakaonya tinggi (70 persen), sebab flavanol yang terkandung juga cenderung tinggi. Manfaat coklat hitam ini bisa menjadi obat alami dalam mencegah penyakit obesitas, jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

0 komentar:

Popular Posts